Minggu, 27 Desember 2015

Kajian Akad, Talak, Rujuk part 1

Kajian akad, talak, dan rujuk

oleh : Ust Achmad


part 1 : 

* A K A D *


Motivasi akad : -->> ibadah dan dakwah bukan karena alasan keduniawian yg lain.

QS 24 : 32 Dan nikahkanlah oleh kalian lajang2 kalian..

Hadist Nabi : Nikah adalah sunahku, barangsiapa yg tidak mau mengikuti sunahku, maka dia tidak termasuk umatku.

Berkaitan dg dakwah :
*pernikahan bukan sekedar pemenuhan nafsu biologis. tetapi juga mengikutsertakan keluarga besar dan ummat. maka dlm akad harus ada saksi.
*disunahkan untuk diumumkan, tujuannya untuk mensyiarkan ajaran islam bahwa tata cara dlm islam itu suci dan sakral.
*diharapkan akan muncul keturunan yg banyak, generasi sholah/hah
Dalam qur'an ayat yg berkaitan dg nikah disandingkan dg perjanjian yg sangat kuat setara dg perjanjian Allah dg para nabi --> mistaqon gholidho..
oleh karena itu, dlm islam sangat tidak menyukai perceraian.
akad akan mampu mengguncang Arsy jika dipersaksikan oleh orang2 benar. dan diantara yg hadir juga menjadi saksi. serta Allah dan ribuan malaikat menjadi saksi.
Akad berkaitan dg ibadah : maka dibuka luas kesempatan berpahala yg luar biasa. karena semua interaksi suami istri bernilai ibadah dan dakwah. maka menikah disebut menyempurnakan separuh agama.
ketika akad sudah berlangsung, maka melekatlah kewajiban2..

Rumus 3 x 4 
1. 3 kewajiban pertama, 
2. 3 kewajiban istri, 
3. 3 kewajiban bersama, 
4. 3 kriteria/indikator

* 3 kewajiban suami :
1. menjadikan diri dan keluarga dr api neraka. tidur paling akhir dan bangun paling awal, menjaga sholat keluarganya. karena suami adalah komandan.
2. mencari nafkah yg halal suami harus punya etos kerja yg tinggi. yakin Allah selalu memberi rizki.
3. mentreatment istri dg cara terbaik. Kata nabi, setinggi2 akhlak suami adalah yg paling tinggi akhlaknya pd istrinya, yg memuliakan istrinya. Kata Nabi, kaum wanita seperti tulang rusuk, kalau dibiarkan bengkok, terlalu keras patah. jadi seorang suami harus supeerr sabar. Aisyah istri nabi saja masih emosi dlm bentuk kecemburuan ketika Nabi memuji khadijah. Tetapi aisyah jarang emosi dan ketika dinasehati ia taat.


* 3 Kewajiban istri
1. taat kpd Allah, berarti dia taat pd suaminya selama suami tidak bertentangan dg Allah. karena dalam taat itu ada syurga..
-->> istri sholehah ituu.. *ketika diperintah dlm kebenaran akan taat dlm kondisi ringan maupun berat.
2. berupaya menjaga diri dan harta suami. Tidak berlama2 ketika pergi. selesaikan secepatnya jika itu urusan kebaikan.
kata aisyah berhati2lah para kaum wanita pada saat memilih suami, karena menikah hampir2 seperti perbudakan kalau suami tdk baik.
3. merespon dg ikhlas perintah suami / berakhlak karimah. istri harus subur dlm 2 hal, kata Nabi istri sholehah itu yg punya 2 karakter : 1. fisik (bisa beranak) 2. penyayang, romantis.


* 3 kewajiban bersama tidak ada suami yg super dan istri yg super. keduanya manusia biasa yg punya kelemahan.
1. membina rumah tangga yg sakinah mawaddah warahmah. dalam kewajiban bersama jangan terlalu meminta hak. Hak boleh diambil boleh dilepas sesuaikan dg keadaan. sedangkan kewajiban harus dipenuhi. *dalam perjalanan pernikahan semakin panjang akan semakin bosan jika tidak dilandasi dg ibadah dan dakwah. *jika menemukan kekurangan istri maka bersabarlah.. karena dibalik kekurangannya terdapat banyak sekali kebaikan. *karena ada hal yg tidak dilakukan suami --> hamil dan melahirkan. *suami yg faham akan sangat bersyukur pd Allah ketika dikaruniai anak dan merasa berhutang budi pd istri karena telah melahirkan anknya. maka jika terjadi kerusakan fisik pd istri karena hamil dan melahirkan maka itu dalam rangka jihad fii sabillah. *ada hal yg tidak bisa dilakukan istri yaitu menanami istrinya. dlm fiqh, ulama bersepakat minimal 1 kali dalam masa suci. *jadilah istri yg mar'ah sholihah, syurga bagi suami. jadikanlah baiti jannati.
2. bekerjasama dlm rangka membentuk keturunan yg sholeh dan sholehah. keluarga sakinah bukannya tidak punya masalah, keluarga Nabi saja pernah dilanda masalah. maksimal punya masalah dlm antara 2 waktu sholat. ketika selesai sholat berjama'ah, berdo'a bersama, maka selesai semuanya.
3. bekerjasama dlm dakwah umat. keluarga da'iyah..

3 kriteria / indikator keluarga ideal 
*meningkatnya iman 
*meningkatnya ibadah 
*meningkatnya dakwah


Allohu'alam bishowab.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar